Find us on Google Plus

LightBlog

Breaking

LightBlog

Tuesday, February 14, 2017

Pengertian WAN dan Perangkat WAN

PENGERTIAN WAN

WAN (Wide Area Network) merupakan system jaringan yang menghubungkanjaringan antar LAN dengan jaringan internet atau jaringan computer yang berskalaluas yang menggunakan fasilitas dengan menyewa dari service provider.

A. Core Layer
Core layer memberikan struktur transportasi yang optimal dan dapat diandalkan dalammeneruskan traffic pada kecepatan yang sangat tinggi. Dengan kata lain, core layermenswitch paket data dengan secepat mungkin.

Tugas core layer :
a.       melakukan design jaringan dengan keandalan yang tinggi.
b.      melakukan desain untuk kecepatan dan latency yang rendah.

Fungsi dari layer ini adalah :
a.       mengatur traffic
b.      mengatur kapasitas traffic dan mengirim traffic dengan cepat dan handal.

Device yang digunakan pada layer ini adalah
a.       Mesin core.vad.id,BSD Minded dipadukan dengan cisco catalyst L3.
b.      Router
c.       Multiplexerd.
d.      PBX

Biasanya perangkat pada layer ini menangani jalur backbone utama ke ISP dan jalurinternet.


B. Distribution Layer
Distribution layer terletak diantara access layer dan core layer dan membantumembedakan core jaringan inti dengan jaringan-jaringan yang lain. Tujuannya untuk memberikan batasan definisi dalam daftar akses dan filter lainnya untuk menuju kejaringan inti.

Fungsi dari distribution layer yaitu:
a.       Routing (dalam satu autonomous system)
b.      Filtering (dalam satu autonomous system) 
c.       Service handlingd.
d.      Mengendalikan konektivitas /policye.
e.       QOS

Tugas dari distribution layer yaitu routing antar layer atau antar subnet VLAN di access Layer.

Perangkat distribution layer :
a.       Cisco Catalyst 6509
b.      Nexus 7000 
c.       ASA 5500 
d.      Switch layer 
e.       Firewall
f.        Router LAN
g.      Bridge
h.      Brouter
i.        VPN Access Router
j.        Cisco Catalyst 6009 Layer 2 Core.

C. Access Layer
Access layer menyuplai trafik ke jaringan dan melakukan network entry control. Para
pengguna mengakses jaringan melalui access layer. Access layer berlaku layaknya “pintumasuk” menuju sebuah jaringan. Access layer juga dapat melakukan daftar akses yang
didesain untuk mencegah pengguna tak sah untuk dapat masuk. Cisco 1900 series integrated services router
a.       Cisco 2900 series integrated services router
b.      Cisco 3900 series integrated services router
c.       Cisco 800 series routers

PERANGKAT WAN
A.CO [ Central Office ]CO (Control Operator/Office) bagiann pusat yang mengendalikan/mengatur perangkat perangkat agar bekerja, bagian yang menjadi pusat Penyedia Layanan.CO berfungsimengendalikan sebuah jaringan atau membagi layanan layanan ketika layanan terjadi.

B.CPE [ Costumer Promises Equipment ]Perangkat yang berhubungan dengan aplikasi dan user dan tidak terjadi proses signaling.

C.DTE [ Data termination Equipment ]Perangkat yang melewatkan data dari CPE menuju DCE untuk dikonversikan/coding.Berfungsi mengkonversi sinyal yang diterima agar sampai pada user. DTEmerupaka sebuah peralatan atau subsistem yang saling berhubungan dengan beberapaperalatan yang melakukan fungsi yang diperlukan untuk memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi. Biasanya, perangkat DTE adalah terminal (atau komputer meniru terminal),dan DCE adalah sebuah modem atau perangkat lain milik operator.

D.DCE [ Data Communication Equipment ]Data Circuit Equipment (DCE) adalah perangkat yang terletak antara Data TerminalEquipment dan Data Circuit Transmisi . Hal ini juga disebut peralatan komunikasi data danoperator peralatan data. DCE melakukan fungsi seperti sinyal konversi, coding , dan garisclocking dan dapat menjadi bagian dari peralatan DTE.


Contoh perangkat – perangkat yang terdapat pada CO,CPE,DTE,DCE :
-          DTE Device : - Terminal ( PC, Laptop, Client PC, dll )
-          DCE Device : - Hub, Switch, Modem, dll
-          CPE Device : - Telepon, ADSL Modem
-          CO Device : -ISP

Media WAN

1. Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan,sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah

2. ISDN
Integrated Services Digital Network (ISDN) adalah jaringan circuit-switching yang digunakan untuk transfer suara, data, dan video melalui saluran telepon tembaga biasa. ISDN adalah sedikit mirip dengan sistem telepon biasa tapi lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan membutuhkan sedikit waktu untuk setup panggilan. Digital ISDN telepon digital faks biasanya disediakan oleh telco. Modem ISDN dapat digunakan untuk mengkonversi sinyal non-ISDN peralatan untuk sinyal ISDN.

3. DSL
adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL.

4. Frame relay
adalah protokol packet-switching yang menghubungkan perangkat-perangkat telekomunikasi pada satu Wide Area Network (WAN). Protokol ini bekerja pada lapisan Fisik dan Data Link pada model referensi OSI. Protokol Frame Relay menggunakan struktur Frame yang menyerupai LAPD, perbedaannya adalah Frame Header pada LAPD digantikan oleh field header sebesar 2 bita pada Frame Relay.

5. T1
T1 adalah leased line digital terdiri dari 24 saluran (disebut DS0, 1 DS0 adalah 64K) yang memberikan kecepatan transfer hingga 1,544 Mbps, dan sering digunakan untuk menghubungkan jaringan perusahaan dan ISP ke Internet.

6. E1
E1 terdiri dari 30 saluran yang menyediakan kecepatan hingga 2,048 Mbps. Versi Jepang terdiri dari 24 saluran seperti T1.

7. T3
T3 adalah leased line lebih cepat digital menyediakan tingkat sampai 44,736 Mbps (672 saluran), dan digunakan untuk kecepatan tinggi backbone Internet dan organisasi besar.

8. E3

E3 versi eropa memberikan kecepatan hingga 34,368 Mbit/s (512 saluran) Versi Jepang J3 memberikan kecepatan sampai dengan 34,064 Mbps (480 saluran).

No comments:

Post a Comment

Adbox